Tips Ngerjain Skripsi Supaya Cepat Selesai!? Hindari Hal-Hal Ini !

Beberapa kali penulis ditanya oleh adik-adik tingkat mengenai bagaimana cara menyelesaikan skripsi dengan cepat. Sejujurnya seberapa cepat skripsi selesai itu relatif, ada yang menganggap bahwa 2-3 bulan itu waktu yang cukup cepat, ada pula yang beranggapan bahwa 2 semester juga termasuk cepat. Semua kembali lagi kepada para pejuang skripsi mau "cepat" yang seperti apa.

Berikut ini ada beberapa tips yang penulis kutip dari akun Instagram @Julijurnal, mengenai hal-hal yang bisa membuat tugas akhirmu cepat selesai. Kurang lebih tips berikut sama dan sesuai dengan pengalaman penulis dalam menyelesaikan tugas akhir seperti skripsi.

1. Milih Judul Yang Gak Kamu Kuasai

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Source @Julijurnal

Tolong hindari hal ini supaya nanti kamu ngga keteteran di tengah jalan. Pilihlah judul yang temanya kamu kuasai, receh juga ngga apa-apa asal kamu bener-bener menguasai materinya. Jangan ikut-ikutan temen sembarangan, karena bisa jadi menurut temenmu mudah tapi pas kamu yang ngerjain jadi susah. Ingatlah bahwa kemampuan dan pemahaman setiap orang itu berbeda-beda.

2. Gak Sopan Sama Dosen Pembimbing

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Source @Julijurnal

Nah ini !!! Sangat amat penting untuk kamu perhatikan !

Jangan lupa kalau selama kamu masih mahasiswa, hidup dan mati mu ada di tangan dosenmu. Apalagi dosen pembimbing skripsimu. Bersikaplah sopan terhadap dosenmu, turuti apa maunya. Kamu ngga boleh protes kalo skripsimu di revisi terus bolak balik. Selain itu, jangan lupa kalo kamu janjian sama dosen, jangan sampai kamu terlambat. Terkadang ada dosen yang tidak mau mentolerir apapun alasanmu. Kalo ketemu di jalan jangan lupa juga senyum, salam, sapa. Niscaya dosen pembimbingmu akan luluh dengan sikap mu yang baik dan sopan itu, dan mempermudah proses bimbinganmu. Termasuk memberimu referensi untuk materi skripsimu subuh-subuh ( ini pengalaman penulis sih,, hehe )

3. Anti Bantuan Teman

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Source @Julijurnal

Buat kalian yang jarang bergaul, di sini lah kalian harus mulai bergaul. Kalo kamu memang nggak paham, nggak ngerti, tanyakan kepada temanmu yang kamu anggap bisa membantumu. Ojo rumongso iso nek kowe ora iso kalo kata Nella Kharisma mah.

Jangan lupa sebelum meminta tolong kamu harus salam dulu, meskipun seumuran tapi kamu juga harus tetep jaga etika, karena kamu butuh bantuannya. Kalo mau basa-basi dulu pun nggak apa-apa asal masih dalam batas wajar, buatlah kesan obrolan yang baik dan akrab. Niscaya temanmu akan dengan senang hati membantumu.

NB : Jangan lupa ucapkan TERIMA KASIH sebanyak-banyaknya setelah skripsimu berjalan lancar dan akhirnya selesai. Kalo bisa ajak dia nonton / makan bareng kalo kamu banyak rejeki gaes sebagai hadiah :")

4. Menunda-Nunda

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Source @Julijurnal

Inget gaes Menunda Skripsi = Menunda ke Pelaminan. ( tapi kayaknya ga juga sih, temen penulis ada yang udah naik pelaminan sebelum skripsi kelar, sedangkan penulis skripsinya cepet kelar tapi ke pelaminannya ga tau kapan, pacar aja ga punya, :") )

Sebenernya bukan itu sih poinnya. Semakin lama kamu menunda skripsi, maka semakin banyak biaya yang kamu keluarkan, untuk bayar kosan, hidup diperantauan, dsb. Apalagi buat kamu yang pakai sistem Uang Kuliah Tunggal, harus bayar full meskipun tinggal Skripsi. Selain itu banyak lowongan kerja yang sebenernya bisa kamu lamar, tapi tertunda karena kamu belum punya ijazah kuliahmu.

Sekali lagi penulis ingatkan, kalo memang nggak paham materinya, tanya temen. Jangan sungkan buat nanya, mau nanya tapi kebanyakan gengsi ya kapan kamu mau maju kalo gitu.

5. Gak Paham Prioritas

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Source @Julijurnal

Prioritaskan Skripsimu dulu ya gaes. Misalkan kamu nyambi kerja part time kamu tetap harus ingat, masih ada hal yang harus kamu selesaikan sebagai mahasiswa. Kan kamu udah dipercaya orang tua supaya cepet kelarin skripsi, masa iya mau nggantung terus skripsi kamu? Ga enak atuh digantungin.

Nah, buat kalian yang baru mau mengerjakan Skripsi hal-hal tersebut perlu kamu perhatikan. Tulisan di atas merupakan pengalaman pribadi penulis dan hasil bincang-bincang penulis dengan teman-teman penulis yang telah melewati berbagai drama kehidupan mahasiswa tua.

author

Leave a reply "Tips Ngerjain Skripsi Supaya Cepat Selesai!? Hindari Hal-Hal Ini !"