Sebentar Lagi UAS!? Jangan Khawatir, Gunakan Cara Ampuh Berikut Ini !

Hallo para mahasiswa yang sedang berbahagia karena sebentar lagi libur panjang, tentunya SETELAH UAS atau Ujian Akhir Semester selesai. Saya akan sedikit berbagi tips-tips atau cara cara ampuh dalam menghadapi Ujian Akhir Semester, baik untuk mahasiswa baru maupun lama.

Tips-tips nya adalah sebagai berikut

1. Periksa Kembali Catatanmu

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Source http://41.media.tumblr.com/

Ya, periksalah kembali catatanmu mulai dari sekarang, minimal 2 minggu sebelum UAS dilaksanakan. Lengkapilah catatan yang belum sempurna. Apabila catatanmu berantakan, carilah temanmu yang rajin mencatat materi perkuliahan dengan rapi dan fotocopy catatan dia. Catatan yang lengkap dan tersusun dengan rapi akan membuat kita yang membaca mudah memahaminya dan tidak cepat bosan.

2. Kurangi Belajar SKS (Sistem Kebut Semalam)

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Source https://seratalphacasa.wordpress.com

Belajar menggunakan metode ini sangat membebani pikiranmu. Materi yang begitu banyak tentu saja tidak bisa dikejar dalam waktu semalaman h-1 Ujian. Ibarat sebuah cangkir, apabila terus menerus diisi air, maka airnya akan tumpah. Otak kita pun sama, jika terlalu dipaksakan untuk menampung begitu banyak materi yang ada hanya akan menambah beban dan akhirnya pusing sendiri. Jam istirahatmu pun menjadi terbuang, dan saat ujian tiba, yang ada kamu ngantuk.

Usahakan belajar sedikit demi sedikit dari jauh hari, sehingga saat malam sebelum ujian dilaksanakan, setidaknya kamu hanya perlu mengulas sedikit. Dan sisa waktunya dapat kamu pakai untuk istirahat.

3.  Review Materi

Jelas hal ini sangat perlu dilakukan, yaitu mempelajari kembali materi yang sudah dijelaskan dosenmu sebelumnya. Biasanya menjelang UAS, dosen selalu memberi kesempatan untuk kalian bertanya apabila ada materi yang belum kamu pahami. Nah, jangan sia-sia kan kesempatan emas itu untuk bertanya atau meminta dosen mu mengulang kembali beberapa materi.

4. Membuat Kelompok Belajar

Membuat kelompok belajar juga penting dilakukan, karena hal ini sekaligus ajang untuk sharing hal-hal yang kamu pahami tapi teman-temanmu tidak paham, dan juga sebaliknya. Tapi usahakan belajar kelompok ini dilakukan jangan terlalu mepet dengan ujian. Karena biasanya saat menjelang ujian, banyak teman-teman yang memilih fokus belajar sendiri dan tidak ingin diganggu (terutama teman-teman kalian yang selalu mendapat nilai tinggi di kelas).

5. Pahami Tipe Soal Dosenmu

Teruntuk mahasiswa lama, apakah selama kalian kuliah beberapa semester ini sudah mengetahui tipe soal yang biasa dibuat oleh dosenmu? Jika belum, mulai sekarang perhatikan soal-soal yang dibuat oleh dosenmu. Sebelum ujian, biasanya dosen juga memberikan clue bab berapa saja yang akan keluar. Ada dosen yang membuat soal dari awal semester hingga akhir semester, ada pula yang hanya membuat soal dari materi yang dipelajari setelah UTS. Tapi ada juga dosen yang diam-diam memberikan soal semester lalu, meskipun hanya 1-2 nomor, namun poinnya besar. Jadi tetap waspada lah, materi semester lalu jangan sampai lupa :")

Terutama kalian mahasiswa Sastra Jepang.. jangan sampai melupakan kanji semester lalu..

6. Kerjain Yang Gampang Dulu

Kerjakanlah soal-soal yang menurutmu mudah terlebih dahulu, jangan terpaku pada soal yang menurutmu susah, karena waktumu hanya akan habis untuk mencari jawaban yang belum pasti. Setelah soal-soal yang mudah sudah terisi, barulah kamu kerjakan soal yang sulit. Kalau soalnya sulit semua, tunggu dapet hidayah aja 🙂

7. Jangan Biarkan Kolom Jawaban Kosong

Khusus jenis ujian essai, yang menuntut kamu untuk menjabarkan suatu masalah atau mendeskripsikan sesuatu. Jangan biarkan kosong, sebisa mungkin kamu isi. Benar atau tidak urusan belakangan. Karena ada beberapa dosen yang tetap memberikan nilai meskipun jawabanmu salah, yah paling bonus nulis sih, poinnya 0,5.

Biasanya dosen membuat soal essai karena dosen menginginkan mahasiswanya dapat berpikir kritis ( untuk makul non-eksak ).

8. BACA PETUNJUK

NAH!!! Ini penting nih, penting banget. Seringkali mahasiswa tidak membaca petunjuk soal dan langsung ngerjain aja. Dan mereka baru sadar kalo cara ngisi jawabannya salah setelah keluar ruang ujian. Hal ini pernah terjadi kepada teman-teman penulis, soal yang harusnya di isi benar salah dengan tanda "O dan X" malah di isi dengan angka 1,2,3,4, dan 5. Teman-teman penulis mengira bahwa soalnya itu menyusun kalimat, padahal petunjuknya adalah tentang menanggapi pernyataan dengan jawaban benar dan salah. Dan lebih lucunya, ini tidak dialami oleh 1 mahasiswa saja, tapi oleh beberapa mahasiswa di waktu ujian dan mata kuliah yang sama.

9. Berdoa

Harus !! Sebelum menikmati soal ujian alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu. Memohon kepada Tuhan supaya kita dimudahkan dalam berpikir untuk mencari jawaban.

 

Nah, kira-kira begitulah tips dari penulis untuk adik-adik yang sebentar lagi menghadapi ujian akhir semester. Untuk kalian yang mau mengerjakan soal UAS dengan jujur, penulis doakan supaya dimudahkan dalam mengerjakan skripsi suatu saat nanti. ^^

author

Leave a reply "Sebentar Lagi UAS!? Jangan Khawatir, Gunakan Cara Ampuh Berikut Ini !"