Minat Baca Komik Daring Webtoon

No comment 263 views

Zaman sudah semakin canggih, setiap kalangan muda kebanyakan memiliki smartphone atau ponsel pintar yang dapat digunakan di kehidupan sehari-hari. Selain digunakan untuk mencari informasi atau sekedar bermain media sosial, smartphone juga dapat memberikan hiburan bagi Anda terutama dalam minat baca yang mudah dipahami. Webtoon adalah sebuah komik online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Selain cerita dan gambarnya yang menarik, Webtoon juga berisikan pesan pada setiap episode yang diupload pada setiap minggunya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
Dikutip dari ps.com

Webtoon pertama kali diperkenalkan di Korea Selatan. Komik jejaring ini menjadi aplikasi komik online yang terkenal. Awal mula adanya Webtoon dimulai pada tahun 2003 oleh "Daum" sebuah web portal yang menawarkan sebuah layanan akses internet dan diikuti oleh "Naver" sebuah portal web populer di Korea Selatan yang juga menerbitkan Webtoon pada tahun 2004. Hingga pada tahun 2014 Daum dan Naver meluncurkan Line Webtoon yang dapat kita akses hingga hari ini. Webtoon merilis komiknya dalam berbagai bahasa oleh karena itu semua orang dapat membaca komikonline ini dimana saja dan kapan saja.

Tingginya Minat Mengakses Webtoon di Indonesia

Bergabungnya Webtoon dengan aplikasi perpesanan instan LINE meningkatkan keterjangkauan konten-konten komiknya. Terbukti semenjah diluncurkan pada 2015, Indonesia hingga tahun 2019 ini menjadi kreator dan pembaca konsumen terbesar. Dikutip dari SimiliarWeb, pengakses Webtoon tercatat sebesar 148,4 juta secara menyeluruh. Dari jutaan tersebut, pengakses di Indonesia menduduki peringkat ke-2 dengan presentase 6,53% setelah Amerika Serikat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa peminatan warganet di Indonesia dalam membaca Webtoon itu tinggi. Dari berbagai macam faktor yang dimuat dalam situs riset data tersebut, terdapat unsur yang menyebabkan tingginya pengaksesan Webtoon adalah kepeminatan mayarakat terhadap seni visual dan keterjangkauan daya beli masyarakat terhadap smartphone. Akankah menjamur aplikasi atau situs jejaring yang serupa dari penyebab terkenalnya Webtoon di Indonesia?

Leave a reply "Minat Baca Komik Daring Webtoon"