Usaha Peningkatan Penerimaan Tenaga Kerja Asing

No comment 320 views

Poin Baru Sistem Ketenagakerjaan

Peraturan ini rencananya akan mulai diberlakukan mulai bulan April 2019.
• Bagi orang asing yang telah menyelesaikan program pemagangan kerja teknis jangka 5 tahun, mereka diberikan hak untuk memperpanjang programnya yaitu selama 5 tahun lagi.
• Jika lolos tes, maka pihak yang bersangkutan bisa membawa serta keluarganya untuk datang ke Jepang.
Secara garis besar, poin utamanya adalah seperti diatas.

Sejak bulan November 2017, peraturan terkait sistem pemagang kerja teknis di Jepang telah mengalami perubahan. Hingga saat itu, sistem pemagang kerja teknis yang berlaku masih memiliki jangka waktu paling lama 3 tahun, namun seiring dengan berubahnya peraturan ini, maka kini jangka waktu pekerja teknis di Jepang bisa sampai 5 tahun lamanya. Sehingga dengan kata lain, para pemagang kerja teknis mendapat perpanjangan waktu yaitu 2 tahun untuk bisa terus bekerja di Jepang.

Lalu diinformasikan pula bahwa orang-orang yang telah menjadi pemagang kerja teknis selama 5 tahun lamanya dan telah memenuhi kualifikasi, maka bisa bekerja selama 5 tahun lagi di Jepang. Jadi dengan kata lain, jika teman-teman datang sebagai pemagang kerja teknis ke Jepang, maka teman-teman bisa terus bekerja di Jepang maksimal 10 tahun.

Krisis Tenaga Kerja di Jepang

Sebelumnya, pemerintah Jepang menganggap negatif apabila warga asing tinggal di Jepang dalam kurun waktu yang lama. Karenanya, pemerintah Jepang tidak menerima pekerja yang tidak terlatih, juga tetap melanjutkan sikap menolak emigrasi dari warga asing. Tapi jika kita menilik isi peraturan yang baru ditetapkan dengan adanya jaminan yang diberikan pada tenaga kerja asing dalam peraturan tersebut, maka terlihat jelas bahwa pemerintah Jepang kini telah berpikir untuk menambah jumlah tenaga kerja asing di Jepang. Jadi telah diputuskan bahwa Jepang kini sudah tidak bisa lagi hanya dihuni oleh orang Jepang saja.

Bagi Anda Yang Tertarik Untuk Pergi Ke Jepang, Mari Tetapkan Tujuan Anda Terlebih Dahulu!

Tahun lalu, telah dibuat peraturan baru terkait sistem pemagang kerja teknis. Lalu 6 bulan kemudian, informasi terkait peraturan baru ketenagakerjaan di Jepang pun mulai dicanangkan. Hal ini menandai bahwa mulai saat ini jumlah tenaga kerja asing di Jepang akan terus mengalami peningkatan. Hal ini tentu saja merupakan berita gembira bagi siapapun yang tertarik untuk bekerja di Jepang.
Namun, jika teman-teman すかSUKI termasuk salah satu diantara orang-orang tersebut, kami sarankan sebaiknya teman-teman terlebih dahulu mengingat alasan yang mendasari teman-teman untuk pergi ke Jepang.
Karena ingin studi-kah? Atau ingin bekerja lalu menghasilkan uang sendiri-kah? Ingin mencoba tinggal di Jepang-kah?
Pasti teman-teman すかSUKI punya beragam alasan tersendiri bukan?

Begitulah kiranya yang terjadi hingga saat ini, tapi kami sangat tidak menyarankan bagi orang-orang yang mengambil jurusan bahasa Jepang di kampusnya untuk menjadi pemagang kerja teknis. Ada baiknya teman-teman telah memiliki sertifikat N2 sebelum lulus kuliah, sehingga teman-teman bisa memiliki opsi pekerjaan lain yaitu penerjemah lisan ataupun tulisan di Jepang.
Jadi kami sarankan teman-teman agar semangat dalam belajar bahasa Jepang yaa~
Karena jika memang atas keinginan pribadi, kami yakin teman-teman bisa selalu tinggal dan bekerja di Jepang.

Di sisi lain, dengan adanya peraturan yang baru maka teman-teman bisa bekerja di Jepang selama 10 tahun. Namun, karena pada mulanya pergi dengan status sebagai ‘pemagang kerja teknis’, maka tidak ada jaminan tentang bisa tidaknya teman-teman melakukan pekerjaan yang disukai di masa mendatang. Selain itu masalah lainnya adalah jika peraturannya berubah, maka sama seperti halnya sistem pemagang kerja teknis yang ada hingga saat ini, maka jika teman-teman sudah mencapai batas waktu maksimal sistem pemagang kerja teknis, maka teman-teman diharuskan pulang dulu ke negara masing-masing.

Dengan demikian tergantung caranya teman-teman pergi ke Jepang, maka hal-hal yang bisa teman-teman lakukan, juga lamanya teman-teman tinggal di Jepang pun akan berbeda. すかSUKI sangat menyarankan agar teman-teman memikirkan dengan baik perihal karir yang ingin digeluti, juga tentang hal yang diinginkan di masa depan agar teman-teman bisa membuat keputusan yang tidak akan disesali nantinya.
すかSUKI yakin mulai sekarang, orang-orang Indonesia yang datang ke Jepang akan terus meningkat. Kami harap すかSUKI bisa menjadi salah satu sarana membantu orang-orang tersebut.

 

Sumber :

Terbit 27 April 2018 pada Sukasuki.org oleh Yasuyuki Miyashita dengan judul Upaya Peningkatan Penerimaan Tenaga Kerja Asing

author

Leave a reply "Usaha Peningkatan Penerimaan Tenaga Kerja Asing"