Pendampingan Pentingnya Hak Merek Kepada Produsen Di Desa Kendaldoyong

Hak paten dan hak merek adalah bagian vital yang perlu dipahami dan dimiliki oleh produsen. Dengan melihat potensi produk yang dihasilkan di Desa Kendaloyong, Kec. Petarukan, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim KKN II Undip memberikan edukasinya. Melaui Program Kerja Monodisiplin, sosialisasi tentang hak merek diselenggarakan Selasa, 7 Agustus  2018 pukul 14.00 - 17.00 WIB. Program kerja yang dilakukan dengan pemberian pendampingan mengenai pendaftaran hak merek yang dapat dilakukan oleh para produsen Desa Kendaldoyong  dilaksanakan dengan mengunjungi rumah – rumah produsen yang berada di Desa Kendaldoyong.

 

Gambar 1. Penyuluhan materi

Sosialisasi Guna Produktifitas Pemberdayaan Warga

Para produsen sangat antusias mendengarakan penjelasan yang diberikan karena para produsen merasa mendapatkan pengetahuan baru yang dapat menguntungkan serta mendapat penghasilan tambahan. Beberapa produsen beranggapan belum bisa melakukan pendaftaran hak merek dalam waktu dekat karena masih perluya mengumpulkan ide – ide merek apa saja yang bisa  digunakan yang belum didaftarkan oleh produsen lain serta merek yang tidak melanggar norma yang ada. Dari pendapat produsen tersebut, panitia menilai perlu untuk memberikan pegangan bagi produsen yang dapat dijadikan pedoman, sehingga saya berinisiatif untuk memeberikan leaflet yang sebelum telah panitia sediakan.

Setelah panitian memberikan materi pendaftaran hak merek, sesi tersebut diakhiri dengan berswafoto bersama. Sebagai cindera mata bagi TIM II KKN UNDIP, penduduk memberikan buah tangan hasil olahan para produsen.

author

Leave a reply "Pendampingan Pentingnya Hak Merek Kepada Produsen Di Desa Kendaldoyong"