Pemetaan Geologi sebagai Upaya Penemuan Potensi Desa Kendaldoyong

Petarukan-Sabtu 14 Juli 2018 Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2018 berasal dari Fakultas Teknik Geologi dalam melakukan salah satu program kerja monodisiplin. Permasalahan utama Desa Kendaldoyong belum terciptanya data secara digital dan valid yang berisikan potensi positif maupun negatif berbentuk informasi kewilayahan.

Potensi Sektor Pertanian Desa Kendaldoyong

Program dilakukan dengan melakukan survei pendahuluan melalui citra satelit. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui batas-batas desa. Selain itu, juga guna melihat secara penginderaan jauh titik-titik yang berpotensi untuk ditindaklanjuti. Pemetaan mengahasilkan data tanah atau endapan Alluvium pada Desa Kendaldoyong sangat berpotensi pada sektor pertanian, sehingga dapat menjadikan Desa Kendaldoyong sebagai pusat agrowisata karena desa ini merupakan salah satu desa dengan luas persawahan yang paling besar di Pemalang sehingga dapat dijadikan pusat terpadu dalam pendidikan pertanian dan rekayasa pertanian.

Berbincang dengan pemilik usaha Genteng yang berada di bantaran sungai comal dalam produksinya memanfaatkan bahan yang ada seperti pasir yang sebagian berasal dari limpasan banjir sungai comal serta sekam padi yang merupakan hasil pertanian di desa.

 

Gambar 1. Usaha Mikro Pembuatan Genteng

Potensi positif lainnya yang berada di Desa Kendaldoyong adalah sebagai irigasi dan perairan karena terletak dekat dengan Sungai Comal dan sungai-sungai kecil yang mendapat influx air untuk pengairan serta irigasi pertanian.

Namun potensi negatif yang terdapat di Desa Kendaldoyong adalah banjir karena elevasi yang rendah dan berada dekat dengan Sungai Comal. Longsor juga menjadi permasalahan karena tanah yang belum terkonsolidasi sehingga mudah terbawa oleh air saat terjadinya banjir. Oleh karena itu rekomendasi pembangunan sangat tidak dianjurkan mendirikan bangunan dekat dengan sungai.

 

Gambar 2. Sungai Comal                                         Gambar 3. Pasir limpasan Banjir

 

                       
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

author

Leave a reply "Pemetaan Geologi sebagai Upaya Penemuan Potensi Desa Kendaldoyong"