Merebaknya Jejepangan di Indonesia

No comment 314 views

Tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi sangat berperan penting dalam penyebaran budaya. Melalui globalisasi, budaya dapat menyebar dengan mudah dari satu negara ke negara lainnya. Dengan memanfaatkan teknologi serta jejaring internet, budaya mudah tersebar melalui platform-platform media jejaring. Salah satu negara yang penyebaran budayanya tergolong pesat adalah negara Jepang. Dewasa ini, banyak budaya populer dari Jepang yang masuk ke Indonesia lewat berbagai media. Anime serta manga merupakan produk yang digunakan Jepang untuk menyebarkan budaya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Ternyata kepopuleran anime serta manga tersebut, berpengaruh terhadap peningkatan ketertarikan masyarakat Indonesia dengan budaya Jepang. Dari sanalah acara-acara bertemakan Jepang mulai bermunculan di Indonesia, yang sering disebut juga sebagai Bunkasai atau JFest.

Event jejepangan di Indonesia yang digelar setiap tahun sangat beragam. Salah satunya adalah acara ORENJI. Acara tersebut diklaim sebagai event jejepangan terbesar di Jawa Tengah. Event tersebut diselenggarakan setiap tahun oleh mahasiswa jurusan Jepang Universitas Diponegoro Semarang. ORENJI sendiri memiliki kepanjangan Original Event of Japan in Indonesia, yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya tradisional dan modern Jepang. Namun tentu saja tidak melupakan unsur budaya Indonesia di dalamnya.

Euforia ORENJI

Acara ORENJI tahun ini telah diselenggarakan pada hari Minggu, 10 November 2019 dengan tajuk "Meiji no Komorebi". Setiap tahunnya ORENJI memiliki tema yang berbeda-beda. Perlu diketahui ada satu hal yang unik yang menjadi ciri khas event jejepangan, yaitu cosplayer. Pada saat acara ORENJI tersebut berlangsung, tentu banyak cosplayer yang ikut berpartisipasi dan meramaikan acara. Mereka memakai kostum dan riasan menyerupai berbagai karakter dari anime, manga, bahkan game. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

"Meriah, ramai, semoga yang cosplay lebih banyak dan lebih menarik, karena kan kita cari hiburannya dari orang-orang yang cosplay gitu", tutur pengunjung laki-laki, Dinda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Event jejepangan tersebut dapat dikatakan sukses serta mendapatkan tempat di hati para penggemar jejepangan. Bahkan ada beberapa pengunjung yang datang dari luar kota dan rela antre panjang demi mendapatkan tiket masuk.

"Aku dari Jogja, alhamdulillah sampai tahun ini udah enam kali dateng. Harapannya sih semoga memberikan fasilitas yang lebih baik terutama ruang ganti untuk para cosplayer", ujar pengunjung perempuan, Anisa Ratna.

Di dalam lokasi ORENJI tidak hanya terdapat panggung hiburan saja, tetapi dihiasi dengan berbagai dekorasi menarik. Selain itu terdapat banyak stand makanan, tidak hanya makanan yang berbau Jepang saja yang hadir, tentu saja ada makanan dari Indonesia yang ikut menyemarakkan agenda ORENJI 2019

Jessica, Nais, Mas Wiki (Editorial)

Leave a reply "Merebaknya Jejepangan di Indonesia"