iPusnas, Cara Mudah Menikmati Koleksi Buku Perpustakaan Nasional Dengan Telepon Seluler

iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital milik Badan Perpustakaan Nasional. Aplikasi ini berbasis media sosial dan dilengkapi dengan eReader untuk membaca eBook. Dalam aplikasi ini terdapat fitur pertemanan dan inbox sehingga antar pengguna dapat saling berkomunikasi. Selain itu, kita juga dapat mengirim pesan kepada penulis yang bukunya telah selesai kita baca, memberikan rekomendasi buku, dan menyampaikan ulasan. Sejak dirilis pada 14 Agustus 2016 hingga sekarang, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 500.000 kali di playstore.

Cara Mendaftar iPusnas

Aplikasi iPusnas ini dapat diunduh secara gratis baik di Ios maupun android. Begitu pula untuk membaca koleksi buku di dalamnya. Kita dapat membacanya secara gratis dalam jangka waktu tertentu.

Untuk dapat meminjam buku dalam aplikasi ini, kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Pengguna hanya perlu mengisikan nama, e-mail, nomor telepon dan password untuk melakukan registrasi.

Cara meminjam buku di iPusnas

Cara meminjam buku di iPusnas tergolong cukup mudah. Pilih judul buku yang diinginkan kemudian klik “pinjam”. Setelah itu pilih salah satu ePustaka yang ada dan tunggu hingga muncul konfirmasi peminjaman. Pilih “Ya” jika ingin meminjam. Setelah itu, ebook akan terunduh secara otomatis dan tersimpan di rak virtual.

iPusnas memberi jangka waktu 7 hari untuk meminjam buku. Selesai atau tidak, begitu masa peminjaman telah habis maka secara otomatis eBook tersebut tidak akan bisa dibaca. Jika ingin membaca lagi, kita harus meminjam ulang.

Meskipun terdapat ribuan judul eBook yang dimiliki iPusnas, namun jumlah salinannya terbatas untuk setiap judulnya. Apabila eBook yang kita inginkan telah habis dipinjam, maka kita akan masuk dalam daftar antri dan baru bisa meminjamnya jika pengguna lain telah selesai masa peminjamannya. Jika eBook telah tersedia, iPusnas akan memberi tahu melalui notifikasi.

author

Leave a reply "iPusnas, Cara Mudah Menikmati Koleksi Buku Perpustakaan Nasional Dengan Telepon Seluler"