Tim PKM-M FIB Undip Lolos PIMNAS 2018!

No comment 1131 views

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

 

TIM PKM FIB LOLOS PIMNAS 2018!

Pejuang PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Universitas Diponegoro tahun 2018 delegasi Fakultas Ilmu Budaya kembali bangkit. Hal tersebut didasari oleh kontemplasi setelah dua tahun berturut-turut Fakultas Ilmu Budaya absen dalam mendelegasikan tim PKM di ajang PIMNAS 31 terbaru yang diselenggarakan pada Universitas Yogyakarta. Motivasi tersebut menumbuhkan bangkitnya TIM PKM Fakultas Ilmu Budaya dalam membangun prestasi yang lebih baik. Hal tersebut berbuah pada lolosnya satu tim PKM-M yang terdiri dari Faiz Pajaran (2014), Ilham Alkian(2014), Novita (2016), dan Kencana (2017) dibawah bimbingan Rabith Jihan Amaruli M.Hum yang berjudul “Kadjen Heritage Of Religion” berhasil disoroti oleh Kemenristekdiki hingga akhirnya tim ini bisa bergulat dalam meraih kemajuan di ajang PIMNAS.

 

Pemberdayaan sebagai Kunci Kesuksesan

Melalui pemberdayaan karang taruna yang diberi nama Sumohadiwijayan, Faiz bersama tim mencoba mengembangkan kawasan edu-religi di Desa Kadjen. Kadjen sendiri merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Margoyoso, kira-kira 18 Km dari pusat Kota Pati. Rangkaian kegiatan diawali dengan acara launching buku karya Karang Taruna Sumohadiwijayan. Dalam hal ini, tim PKM FIB yang menyematkan nama “Kadjen Heritage Of Religion” sebagai judul dari buku topografi karya remaja Kajen. Buku tersebut berisi tentang sejarah makam, benda pusaka, artefak serta pondok-pondok yang ada di Kajen. Buku tersebut merupakan hasil dari penelitian karang taruna yang didampingi oleh TIM PKM FIB. Harapannya, karang taruna dapat tetap menjalankan keberlanjutan program dan mengembangkan potensi edureligi Desa Kajen dengan baik dan berkelanjutan secara konsisten.

 

Segala rangkaian acara tersebut adalah upaya Desa kajen tetapi juga memberdayakan karang taruna serta masyarakat sekitar sebagai pemandu jelajah pusaka Kadjen. Selain itu, diharapkan pula keberlanjutan program dapat berjalan dengan baik. Apabila keberlanjutan program dan perkembangan edu-religi dapat berkembang dengan baik, maka Desa Kajen dijadikan penilaian sukses dalam menggali potensi edu-religi yang terpendam. Sehingga, Desa kajen sudah sepantasnya untuk dijadikan sebagai ikon Kabupaten Pati yang ramai dikunjungi.

 

Selamat berjuang untuk TIM PKM FIB diajang PIMNAS 31 tahun 2018! Semoga dapat membawa pulang medali dan menjadi pemantik semangat pejuang-pejuang PKM FIB ditahun selanjutnya yang akan mengharumkan nama Fakultas Ilmu Budaya dan Universitas Diponegoro.

author

Leave a reply "Tim PKM-M FIB Undip Lolos PIMNAS 2018!"