Tutorial Cara Membuat Email Resmi Undip (Student Email)

No comment 13485 views

Apa itu student email? Student mail adalah email untuk mahasiswa (student) yang resmi diberikan oleh pihak kampus. Untuk student mail internasional biasanya menggunakan akhiran domain .edu, sedangkan akhiran domain .ac.id adalah yang biasa digunakan di Indonesia. Email resmi dari pihak kampus ini memiliki banyak keuntungan.

Apa saja keuntungan memiliki email resmi dari kampus?

Pertama, branding. Ini manfaat pribadi yang tidak ada secara material tapi sangat berpengaruh bagi orang lain. Email dengan nama jangka@student.undip.ac.id tentu saja lebih dipercaya daripada jangka@gmail.com atau jangka@yahoo.com biasa. Biasanya ini berpengaruh untuk melamar beasiswa atau melamar pekerjaan. Kalau melamar kekasih belum dicoba.

Kedua, aplikasi gratis. Banyak sekali perusahaan yang menawarkan produknya secara gratis dengan syarat email resmi dari kampus. Biasanya berupa aplikasi. Misalnya yang paling terkenal Student Developer Pack dari GitHub. Ada sekitar 20 lebih aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis. Kalo kalian ada info gratisan lainnya boleh dishare di kolom komentar.

Ketiga, pemenuhan syarat tertentu. Ini juga keuntungan yang lumayan penting yaitu pemenuhan syarat tertentu yang wajib. Misalnya, perusahaan tertentu hanya mau menerima email dari email resmi kampus saja, email dari Gmail atau Yahoo akan langsung ditolak. Mereka mewajibkan pelamar menggunakan email kampus, misalnya.

Cara dan Tips Mendaftar Email Resmi Undip

Bagi kalian mahasiswa Undip yang ingin mendapatkan email Undip, syarat untuk mengajukannya adalah mahasiswa Undip aktif atau alumni. Berikut ini adalah 7 langkah tutorial step by step untuk mendapatkan email resmi dari Undip.

  1. Silakan daftar di sini atau kunjungi http://student.undip.ac.id memalui browser kalian.
  2. Silakan Isi data yang benar; nama lengkap, NIM, Fakultas, email, nomor kontak, email sekarang, status, dll.
  3. Tips agar cepat diproses adalah isi dengan benar. Cek minimal 2 kali agar tidak ditolak. Kalau ditolak akan lebih lama lagi prosesnya.
  4. Kalau sudah berhasil submit form maka data kalian akan ada di bagian Daftar Request Email. Biasanya kurang dari 1 minggu akan mendapat email dengan judul "Welcome to your new Google Cloud account for student.undip.ac.id" yang berisi link untuk membuat password.
  5. Bila sudah dibuatkan, maka daftar yang mengajukan email akan masuk dalam Daftar Email yang sudah diproses. Bila lebih dari 1 minggu belum ada kabar silakan dicek di Daftar Email yang DiTolak atau Daftar Email yang Pending.
  6. Silakan masuk ke https://mail.google.com/mail kemudian masukkan alamat email yang sudah dibuat tadi, kemudian masukkan password.
  7. Email sudah bisa digunakan.

Tips lagi: jika kalian mengalami kesulitan saat melakukan registrasi, bisa hubungi: Mas Wahyu Setiyadi lewat HP: 08157627532, lewat email: admin@student.undip.ac.id atau lewat Facebook: https://www.facebook.com/mas.wahyu.986 (silakan diadd karena kadang update statusnya lucu-lucu).

Tidak Hanya Mendapatkan Email Tapi Google Suite

Apa itu Google Suite? Google Suite atau sering disebut g-suite adalah kumpulan aplikasi berbasis awan dari Google yang biasanya digunakan untuk pekerjaan atau sekolah. Aplikasi berbasis cloud ini contohnya adalah gmail, google plus, dan google duo untuk berkomunikasi, ada juga google keep, google slide, google sites, google form, google spreadsheet, dan google doc untuk membuat dokumen, serta fasilitas paling unggulan yaitu unlimited Google Drive. Ya, unlimited storage di Google!

Gimana? Enak to? Mantep to? Bayar UKT yang lumayan itu bukan cuma buat kuliah aja! Jelajahi dan nikmati fasilitas yang disediakan kampus biar tidak mubazir atau terbuang sia-sia. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

Disusun oleh Mas Trubus Jangka, mahasiswa Sastra Indonesia 2013.

author
Sastra Indonesia Angkatan Sekian. Jangan ditanya kapan lulus.

Leave a reply "Tutorial Cara Membuat Email Resmi Undip (Student Email)"