Beasiswa Dukungan Belajar Program Amalul Fikri Center Kejar Foundation

Selayang Pandang

Kejar Foundation adalah organisasi non-profit yang berdiri pada kuartal pertama tahun 2012, tepatnya pada 11 Februari. Organisasi ini didirikan oleh Amalul Fikri (almarhum) bersama sahabat baiknya, Adhi Kurniawan. Keduanya adalah mahasiswa Universitas Diponegoro kala organisasi ini berdiri. Alm. Fikri sendiri adalah mahasiswa S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK/ Plannologi) angkatan 2011. Sedangkan Adhi adalah mahasiswa Diploma tiga Kearsipan pada Fakultas Ilmu Budaya pada angkatan yang sama.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Sketsa para Co-founder Kejar Foundation

Gagasan ini sebenarnya telah lama tercetus, yaitu semenjak keduannya sedang belajar pada tingkat sekolah menengah atas yang sama. Satu tujuan besar yang ada pada organisasi ini adalah bekerja untuk menghasilkan penghasilan yang berkah. Kemudian penghasilan tersebut sesuai dengan syariat ajaran agama di sumbangkan sesuai porsi guna membantu para mahasiswa dan mahasiswi dalam meringankan kesulitan. Adapun kesulitan-kesulitan tersebut meliputi pembayaran SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan – kala itu belum bersistem Uang Kuliah Tunggal (UKT)), biaya pemukiman (bagi perantau), dan biaya keperluan kuliah lainnya.

Seiring berlalunya waktu, keduanya telah berhasil mengembangkan produk bisnis yang dapat membiayai cita-cita berdirinya organisasi ini. Dengan bantuan beberapa teman, keduanya menghasilkan lapangan pekerjaan pada bidang garmen, perawatan jalan raya, bisnis jasa properti, dan beberapa bisnis kecil. Hingga tahun 2018 ini terdapat beberapa mahasiswa-mahasiswi yang masih dalam naungan beasiswa ini dan terdapat beberapa yang telah lulus.

Amalul Fikri Center

Nama program Amalul Fikri Center ini diambil dari nama pendiri. Program ini bertujuan membantu mahasiswa-mahasiswi memenuhi kebutuhan kuliah bulanannya selama dua semester. Penggunaan nama ini juga ditujukan untuk mengenang jasa-jasa serta kedermawanan almarhum Fikri semasa hidup. Juga diguanakan untuk menjadikan amal jariyah bagi almarhum dan seluruh pengurus yang telah bekerja keras mengokohkan pondasi organisasi ini.

Syarat Calon Penerima Beasiswa

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Program dukungan belajar Amalul Fikri Center

Bagi calon penerima beasiswa ini, mohon untuk perhatikan syarat-syarat berikut ini;

  1. Pelamar adalah mahasiswa aktif semester 1-3 dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa.
  2. Menyiapkan Daftar Riwayat Hidup.
  3. Aktif pada dunia jejaring atau dunia tulis-menulis (karya ilmiah remaja, fiksi, non-fiksi, puisi, dan kejurnalistikan)
  4. Bagi mahasiswa baru, pernah aktif pada organsisasi sekolah.
  5. Bagi mahasiswa tingkat semester dua dan tiga, sedang aktif pada dunian organisasi mahasiswa.
  6. Menyiapkan Kartu Rencana Studi yang di fotokopi legalisir.
  7. Menyiapkan Foto Formal terbaru ukuran 4X6.

Adapun untuk formulir pendaftaran dapat diakses (klik di sini). Hasil seleksi pengurus organisasi bersifat mutlak. Para calon penerima terseleksi berkas akan dihubungi pribadi melalui surel dan dikirimkan tiket perjalanan untuk bertandang menuju kantor organisasi. Apabila ingin melayangkan pertanyaan, silahkan untuk menghubungi surel adhikurniawan@student.undip.ac.id.

Leave a reply "Beasiswa Dukungan Belajar Program Amalul Fikri Center Kejar Foundation"