6 Aturan Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menemui Dosen

Jika pada artikel sebelumnya membahas mengenai etika dan aturan-aturan saat menghubungi dosen untuk membuat janji ketemuan. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai etika dan aturan-aturan saat kamu menemui dosen di kantornya. Meskipun aturan ini tidak tertulis, alangkah baiknya tetap perlu diperhatikan demi kelangsungan hidup kalian sebagai mahasiswa.

Baca juga : Etika dan Aturan Menghubungi Dosen Melalui Chat

1. Pakaian

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

sumber : https://setara.net/

Kenakanlah pakaian yang rapi, sopan dan layak. Jangan pakai kaos oblong dengan gambar yang aneh-aneh. Pakai pakaian yang berkerah entah kemeja atau poloshirt. Khusus untuk mahasiswi, jangan kenakan pakaian yang terlalu ketat, tipis, dan terbuka. Kampus bukan ajang buat fashionshow. Jangan memakai legging dan celana jeans yang sobek-sobek untuk ke kampus, apalagi kalo kamu mau ketemu dosen

Pakailah sepatu, jangan sandal, apalagi nyeker (kecuali jempolmu cantengan). Pakai sepatu juga harus benar, jangan diinjak bagian belakangnya.

 

2. Jangan Telat!

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

sumber : http://www.pro-bono.fr/

Temui dosen sesuai dengan waktu yang telah disepakati, jangan sampai telat. Telat 10 menit dapat membuat dosen marah dan menganggap kamu tidak menghargai waktu dan tidak bisa memegang janji yang telah disepakati. Hal ini karena dosen juga memiliki janji dengan yang lain. Jika kamu menyia-nyiakan kesempatan itu, maka kamu sendiri yang akan rugi, apalagi jika tujuanmu bimbingan tugas akhir.

Usahakan kamu datang paling tidak 30 menit sebelum waktu yang telah disepakati. Jika kamu membuat janji pukul 09.00, kamu harus sudah di tempat pukul 08.30. Kamu yang nunggu dosen, bukan dosen yang nunggu kamu.

3. Perhatikan Timing Yang Tepat

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

sumber : https://www.bernas.id/

Jika dosen sudah ada di kantornya, silahkan kamu masuk. Eits, tapi jangan lupa lihat-lihat dulu apakah dosenmu sedang sibuk atau tidak. Jika dosen sedang makan, tunggu dulu sampai makannya selesai, jangan tiba-tiba nongol depan dosen lalu bilang "Bu, saya mau minta tanda tangan". Jangan juga memotong pembicaraan saat dosenmu sedang ngobrol baik dengan dosen lain maupun melalui telepon, tunggu sejenak sampai dosen berhenti ngobrol. Hal tersebut untuk menunjukkan sopan santunmu terhadap dosen.

Memang terkadang menyita waktu pertemuanmu, tapi ini lebih baik daripada kamu diusir karena tidak sopan dan akhirnya akan sulit menemui dosen tersebut.

4. 3S ( Senyum, Salam, Sapa )

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

sumber : http://www.tubasmedia.com/

Setelah kamu memastikan semuanya aman, masuklah ke kantor dan temui dosenmu. Senyumlah, jangan pasang muka jutek, lalu sampaikan salam, maaf, dan mintalah waktu sebentar.

"Selamat pagi Pak/Bu, maaf mengganggu, boleh minta waktunya sebentar?"

Jika dosen sudah menjawab "Ya silahkan, ada perlu apa ya?"

Perkenalkan diri kamu, setelah itu sampaikan keperluanmu. Dosen banyak mengajar mahasiswa, jadi terkadang beberapa dosen sulit mengingat wajah kalian, terutama kalian mahasiswa baru.

"Saya Dias mahasiswa Sastra Jepang 2013, kemarin saya yang menghubungi bapak/ibu untuk meminta tanda tangan".

Oh iya, 3S juga berlaku saat kalian bertemu dosen di jalan, kalo nggak sempet nyapa, cukup senyum, dan dosenpun akan membalas senyum kamu yang manis itu.

5. Jangan Duduk Dulu!

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

sumber : http://anakunsri.com/

Iya jangan duduk dulu sebelum dosen yang meminta kamu duduk. Biasanya di depan meja dosen ada kursi yang memang disediakan untuk tamunya. Tapi kamu jangan langsung narik kursi lalu duduk sebelum disuruh. Setelah 3S, tunggulah sebentar, biasanya dosen akan bilang "Ya mas silahkan duduk dulu..".

Duduklah yang sopan, dan tenang, kedua kaki nempel di lantai jangan diangkat satu alias nangkring. Posisi tangan jangan di atas meja terus menerus, kecuali kamu sedang menjelaskan sesuatu.

6. Sampaikan "Terima kasih"

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

sumber : http://j-cul.com/

Setelah keperluanmu selesai, jangan lupa sampaikan terima kasih kepada dosenmu.

 

Nah, kira-kira seperti itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat kamu akan menemui dosen di kantor jurusan. Penulis hanya membagi pengalaman penulis semasa kuliah. Hal ini perlu disampaikan karena penulis sendiri sering mendengar dosen mengeluh karena seringkali mahasiswa mengabaikan sopan santun saat menghadapi dosennya..

author

Leave a reply "6 Aturan Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menemui Dosen"